Mengenal Fungsi Sort dan Filter Pada Microsoft Excel
Kali ini saya masih ingin berbagi seputar Tutorial dan pengenalan fungsi menu baik aplikasi pengolah kata microsoft word, aplikasi pengolah angka microsoft excel maupun aplikasi pengolah presentasi microsoft power point. dimana seperti yang pernah saya sebutkan sebelumnya ketiga aplikasi ini sangat sering kita jumpai sering kita gunakan dan sangat populer tema yang akan kita bahas disini adalah tentang penggunaan aplikasi pengolah angka microsoft excel dimana dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat dengan mudah membuat dan mengolah dokumen yang berhubungan dengan angka dimana di era moderen ini penggunaan teknologi sangat diperlukan untuk mempermudah dan memperlancar pekerjaan, penggunaan teknologi yang tepat guna dan positif akan bermanfaat bagi kita, namun penggunaan teknologi yang tidak tepat guna dan mengarah ke hal-hal yang negatif maka akan berdampak buruk bagi kita. Pokok bahasan yang akan kita bahas disini adalah mengenal fungsi sort dan filter pada microsoft excel beserta tutorialnya. oke mari kita bahas bersama-sama.
Fungsi Sort dan Filter Pada Microsoft Excel
Sudah taukah kalian apa itu Sort dan filter? apa itu sort dan filter pada microsoft excel? dan apakah fungsinya?? Sort pada microsoft excel adalah menu yang berfungsi untuk mensortir atau mengurutkan data baik dari angka 0 - 9 atau sebaliknya dari 9 - 0 dari A - Z atau Z - A sedangkan menu filter pada microsoft excel adalah sebuah menu yang berfungsi untuk memilih data yang ingin ditampilkan sesuai dengan data yang kita saring. kedua menu ini sangat benmanfaat apabila kita gunakan bila data yang ada pada microsoft excel sangat banyak sehingga dapat membantu memlih data yang ingin kita tampilkan lebih cepat dan akurat, adapun tutorial penggunaan Sort dan Filter pada microsoft excel adalah sebagai berikut.
Tutorial Penggunaan Sort dan Filter Pada Microsoft Excel
Contoh / Example :
1. Buka Aplikasi Microsoft Excel
2. Buatlah Data sederhana dengan Judul "Daftar Nama Buah"
3. Isilah Tabel tersebut dengan No. dan Nama Buah dan apabila seudah diisi seperti gambar diatas
Menu Sort
4. Blok Tabel yang akan kita sort
5. Klik tab menu data
5. Arahkan kursor ke grup menu Sort & Filter
6. Klik menu Sort
7. Klik sort by kemudian pilih yang akan di sort misal nama buah
8. Klik Order kemudian kita pilih A to Z atau Z to A misal A to Z
9. Kemudian Klik OK
Menu Filter
10. Klik Judul Tabel
11. Klik tab menu data
12. Arahkan kursor ke grup menu Sort & Filter
13. Klik menu Filter
14. Setelah muncul tanda panah silahkan klik dan pilih data yang ingin dimunculkan
15. Kemudian Klik OK
Demikianlah Tutorial Penggunaan Sort dan Filter Pada Microsoft Excel yang dapat saya bagikan semoga bisa bermanfaat, manfaatkanlah Tekologi untuk hal yang positif. Bila pada tulisan saya terdapat kesalahan dan kekurangan mohon saran dan kritik yang membangun.
Penulis : Zn


0 komentar:
Posting Komentar